It's me!

Spekulasi instagram down hari ini

Panik! Client-client saya panik dengan kondisi instagram hari ini terlebih sudah mendekati lebaran yang harusnya instagram menjadi pilar prioritas digital assets dan digital marketing. Ada apa gerangan?

Dikutip dari Express hari ini, laporan menyebut sebagian besar tak dapat mengakses laman masuk aplikasi ini. Sementara laporan lain menyebut aplikasi langsung tertutup saat ingn membukanya.

Dari laporan yang ada di situs Down Detector, keluhan terkait aplikasi Instagram memang cukup meningkat dalam beberapa jam terakhir. Laporan ini kebanyakan dari wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, termasuk Indonesia. Khusus peningkatan di Indonesia, netizen berpendapat ini akibat dari trendingnya issue pelecehan pesepakbola professional kepada Via Vallen. Ini hanya opini netizen saja.

Sedangkan official statement dari instagramnya sendiri belum saya ketahui.

Berita terakhir! Spoiler dari instagram pada bulan lalu

Terlepas dari masalah yang sedang dialami sejumlah pengguna, Instagram sebenarnya sudah hadir dengan sejumlah fitur baru. Salah satunya fitur baru yang memungkinkan pengguna membungkam atau “mute” unggahan orang agar tidak lagi muncul di linimasanya.

Mengutip laman Business Insider Singapore pada mei lalu, dalam waktu beberapa minggu ke depan, pengguna bisa menghalau unggahan dan Stories milik teman dari feed Instagram mereka.

Uniknya dengan kehadiran fitur mute ini, pengguna tidak perlu meng-unfollow akun teman yang posting-annya dianggap mengganggu.

Selain itu, pemilik akun yang di-mute juga tidak akan mendapatkan notifikasi jika mereka telah di-mute. Sebelum Instagram, fitur semacam ini sudah lebih dulu hadir di Facebook.

Manfaat fitur ini, sebagaimana ditulis Business Insider Singapore adalah agar pengguna bisa membungkam unggahan atau Stories dari orang lain tanpa takut kehilangan followers mereka.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat jika ada teman yang selalu “nyampah” di feed dengan banyaknya unggahan yang di-posting dalam jangka waktu singkat.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menata feed-nya sesuai yang diinginkan. Misalnya mereka hanya ingin melihat gambar binatang lucu, mode fashion, atau artis-artis favorit.

Instagram telah menguji algoritma mute akhir-akhir ini. Singkatnya, fitur ini dirancang agar pengguna lebih bisa mengontrol apa yang ada di feed mereka.

Dari berbagai sumber

Ini alasan kenapa Bisnis Online Harus Lock Instagramnya saat diawal!

Beberapa rekan dan client saya bertanya tentang kenapa akun instagram sebuah bisnis harus di lock? Apa manfaatnya? Padahal fitur lock ini diperuntukan akun personal (bukan bisnis).

Saya merasa perlu untuk menjelaskan hal ini, walau saya jarang sekali mau sharing hal-hal yang bersifat strategical. But it’s okay, topik ini tidak terlalu mahal bagi saya maka saya akan share.

Kita urutkan dari hal yang fundamental terlebih dahulu, ketika kita memulai sebuah usaha online di instagram, seorang pengusaha biasanya terjebak dengan market dan aset marketing, aset marketing sangat beragam, bisa brosur, bisa katalog, bisa juga penawaran dalam bentuk paper. salahsatu aset marketing yang sedang tren dan wajib dimiliki adalah digital assets. Yup! Aset marketing ini sewajarnya dimiliki sebelum menjual produk online! Kenapa? Karena jika tidak ada digital assets, maka marketpun akan bertanya, “ini jualan apa sih, kok digital assets nya cuma gini doang, niat jualan ga sih?”. Padahal faktanya ada segelintir pengusaha yang baru memulai usaha online namun postingnya baru sedikit.

Nah! Disini letak jawaban kenapa harus di lock dan biarkan mereka lupa sejenak (jangan langsung approved)

  1. VISITOR SEE THEN BYE – Dilock sementara karena kontennya belum banyak (rich content) dan menghindari potential customer kabur dan batal follow. juga menghindari persepsi potential customers mengurungkan membeli karena merasa belum siap jual (persepsi dari konten yang masih sedikit). Artinya harus dilock terlebih dahulu.
  2. VISITOR SEE THEN FOLLOW Dilock sementara karena untuk memaksa potential customer untuk follow terlebih dahulu namun jangan langsung di approved, karena jika langsung, ada potensi untuk di unfollow. Artinya harus dilock terlebih dahulu.

Dilock tapi jangan langsung approved adalah salahsatu langkah agar “setelah follow lalu lupa”, hal ini mengurangi resiko unfollow. Jika kita berandai Anda pengguna akun instagram yang sedang ingin follow sebuah akun bisnis online hasil rekomendasi teman Anda tapi setelah dilihat akunnya, kontennya sedikit, apakah Anda akan menunda untuk follow? Pasti Anda akan berfikir, “nanti aja ah follownya kalo udah banyak foto-fotonya, pengen liat dulu perkembangannya, kalo kontennya bagus baru deh di follow. Kalo sekarang ngga dulu, takut kalo udah follow malah spam melulu”. pernah kan berfikir seperti itu?

Artinya, ada sebuah strategi yang penting namun sering dikesampingkan oleh pengusaha yang bermain di instagram. Kita perlu lebih menjadikan diri kita sebagai potential customers di platfrom instagram ini (bukan seller) karena dengan cara ini (di lock sementara saat digital assets sedang berbenah) kita bisa mendapatkan followers yang “lebih lumayan” daripada di unlock.

Saya yakin, setelah saya menjelaskan hal-hal diatas, Anda sepakat atas pandangan saya. Namun pertanyaannya sampai kapan di lock? Yup! Sampai Anda merasa konten yang ada sudah cukup mewakili digital assets usaha online Anda. Ya setidaknya 15 content (5 grid), setelah itu barulah di unlock. setidaknya memberikan customers experience saat kepo akun Anda walau hanya 5 grid saja namun identitas konten sudah bisa membuat potential customers yakin akan brand Anda.

Lalu apa next nya setelah di unlock? yaitu “Rich Content”. Adalah sebuah upaya untuk memproduksi konten-konten yang relevan dengan bisnis online Anda. Tentunya tidak hanya “banyak” namun harus memiliki konten tidak membosankan. “Rich!” tidak melulu tentang quantity content, namun tentang quality content. variabelnya cukup beragam, bisa dalam bentuk short video produk, video testimoni pelanggan, grafis promo-promo, grafis perayaan hari nasional dan masih banyak lagi!

Well, sekian dari saya, hit me when you need me to consulting. Anda bisa click chat box di pojok kanan bawah website ini. Have a great sell!

Ukuran Foto Terbaik untuk Instagram 2018

Bingung dengan ukuran foto di instagram yang gitu-gitu aja? pas! kamu harus baca artikel ini sampai habis!

Tidak bisa dipungkiri, Instagram telah menjadi platform terlaris selain youtube, tentunya bagi mereka yang sudah jenuh dengan facebook dan twitter. faktanya instagram 300 million active users and is growing rapidly!

Sejarah mencatat, awalnya ukuran foto di Instagram berkisar 612px by 612px lalu berkembang menjadi 640px by 640px dan pada July 2015 switched to 1080px by 1080px dengan tujuan mengikuti perkembangan Retina  Device (HiDPI) dan beberapa perangkat high resolution displays selain smartphone, misalnya tablet.

Sejalan dengan hal tersebut, perlu adanya perubahan strategi untuk menciptakan konten yang baik dan efektif pada scoop Digital Marketing Content, salahsatunya dengan cara membuat konten dengan High Resolution dan selain itu menggunakan size yang beragam. berikut strategi yang saya bisa share khusus untuk kamu.

Perlu kamu ketahui! Saya juga membagikan content gratis untuk di download sekarang juga:

Apa fungsinya?

KOTAK / Square Image – Cocok untuk Product Knowledge dengan view yang wide (lebar), misalnya Dekorasi Ruangan, Rumah tinggal, Ruangan meja Makan yang bersifat arsitektur dan benda mati. namun apakah bisa untuk objeknya adalah manusia? bisa! namun hindari karena berpotensi konten foto selfie, jika memang terpaksa gunakan square, kamu harus potong beberapa bagian hasil foto wajah kamu agar terlihat lebih menarik. ingat! mulailah untuk menghindari closeup pada ukuran ini karena sudah cukup membosankan.

PANJANG KE BAWAH / Vertical Image –  Ukuran ini melebar kebawah, Cocok untuk Banner Promo, hal ini dimaksudkan agar kamu bisa menampilkan judul promo dibagian atas, dan beberapa informasi syarat dan ketentuan di bagian bawah.

LEBAR KE SAMPING Horizontal Image – Ukuran ini melebar kesamping, Cocok untuk menampilkan view lebih lebar. penerapannya serupa dengan square image yang saya jelaskan diatas, bedanya untuk menampilkan dokorasi, rumah tinggal, ruangan meja makan dll yang memiliki interior yang luas. Tidak itu saja, ukuran ini bisa juga digunakan untuk banner promo dengan membagi dua antara konten dan text (di sebalah kiri dan kanan). sayangnya ukurannya terlihat kecil saat dinikmati di smartphone, tidak seperti Vertical Image.

A. KOTAK – Square Image: 1080px in width by 1080px in height  DOWNLOAD
B. PANJANG KE BAWAH – Vertical Image:  1080px in width by 1350px in height DOWNLOAD
C. LEBAR KE SAMPING – Horizontal Image: 1080px in width by 566px in height DOWNLOAD

Kesimpulannya?

Kamu harus membiasakan menggunakan vertical image untuk content marketing kamu, karena ukuran ini “NGE-PAS” dengan ukuran smartphone touch screen.

 

 

 

Cara yang sering dilupakan penguna Instagram

Jika melihat kembali pada tahun 2010, perjalanan Instagram saat ini benar-benar fenomenal. Pada Maret 2015, platform sosial tersebutmemiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif. Bagian terbaiknya adalah bahwa 90% dari para penggunanya di bawah usia 35 tahun – yang bagi banyak orang adalah audience sempurna untuk mendorong pemasaran mereka. Forrester Research bahkan telah menempatkan Instagram sebagai tool pemasaran online yang paling efektif. Bahkan kontributor Forbes menunjukkan bahwa Instagram adalah “Tool Penjualan yang Paling kuat di Dunia“. Nah, saya kira marketer dengan membaca ini saja sudah akan langsung duduk tegak dan bersemangat untuk membaca lebih lanjut!

Namun, sebelum kita lanjut ke tools yang dapat mempromosikan bisnis Anda, penting untuk dicatat bahwa Instagram adalah platform sosial visual murniIni tidak akan menjadi tempat di mana Anda dapat mempublikasikan link ke produk Anda atau meminta penonton untuk langsung mengunjungi situs Anda. Segala sesuatu yang Anda lakukan akan didasarkan pada kekuatan posting / foto Anda. Di sinilah Anda perlu menjadi luar biasa kreatif.

1. The Rule Of “Raw”

Platform yang khusus dikembangkan untuk visual menjadi tantangan tersendiri. Disinilah pernyataan “setiap foto bernilai 1.000 kata” akan terbuktiSejak diluncurkan, rata-rata follower di Instagram adalah orang yang menghargai seni fotografi. Dan Brand yang mampu meresponnya dengan emotion’ yang tepat dan mengeksplor keindahan foto produk mereka telah mendapatkan manfaat yang cukup atas hal itu. Ini adalah tentang kekuatan emosional yang mendorong pelanggan untuk mengambil keputusan transaksiContoh terbaik di sini yaitu akun Instagram milik Nike dan Starbucks. DI akun Starbucks Anda akan menemukan foto Frappaccinos  dengan pencahayaan yang pas.Dan di Instagram Nike, Anda harus besiap untuk menahan nafsu belanja saat melihat tampilan produk mereka.

2. The Advantage With Hash Tags (#)

Tidak seperti Twitter dan Facebook, Anda tidak bisa hanya melampirkan hyperlink ke posting atau komentar. Hal ini telah menjadi kebijakan Instagram untuk mengurangi friksi.Namun Anda bisa mengakalinya dengan penggunaan hashtagJika Anda pemilik butik, cobalah hashtag #instafashion. Jika Anda adalah produsen olahraga yang baik, cobalah #instafitness atau #instaplay! Hashtags adalah alat yang unik untuk mengumpulkan semua foto (dengan tag yang sama) sebagai bagian dari kampanye pemasaran. Semakin banyak orang menggunakan tag Anda, semakin besar potensi untuk mendapatkan pelanggan baru!

Hashtags juga dapat menjadi cara yang bagus untuk mengarahkan follwer/viewer Anda ke galeri terpisah pada produk Anda. Cukup denganberkomentar dan meminta bertanya dengan hashtag yang sesuai.

3. Respond Back

Memiliki follower yang selalu memperhatikan Instagram Anda saja tidak cukup. Anda juga perlu merespon kembali untuk membantu membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan. Bisa jadi jawaban Anda juga dapat menjadi pancingan agar customer mau melakukan transaksi.

4. Crowd Sourcing

Jika Anda pemilik butik, dan memiliki toko offlineMintalah kepada orang yang masuk butik dan membeli pakaian Anda untuk mengupload  gambar baju tersebut dan di-tag ke akun Instagram Nda, jangan lupa meminta untuk menggunakan hashtag yang sesuai

5. Video

Instagram juga memungkinkan untuk memasang display dengan video! Jika Anda mengatur sebuah event, berikan sedikit bocoran momen di#backstage pada follower Andasehingga mendorong rasa ingin tahu dan dapat mendongkrak penjualan tiket!

 

Konten Anda tidak menarik? Pantes aja!

Jika konten adalah Raja maka saya pikir kita bisa mengatakan bahwa gambar adalah Ratu dan pemegang kunci agar konten dapat eksis di dunia digital.

Tidak ada yang suka berhadapan dengan konten yang bertumpuk-tumpuktidak menggairahkan dan tidak melibatkan inspirasi visual. Dan kita juga pasti tidak suka jika harus dihadapkan dengan gambar yang di push di antara paragraf hanya agar terlihat penuhPadahal, ketika kita merasa terinspirasi oleh suatu konten kita akan lebih cenderung berinisiatif untuk men-share-nya.

Sama seperti anak-anak belajar membaca untuk pertama kalinya, kita perlu gambar untuk memicu reaksi dan membantu untuk bercerita. Dalam dunia yang serba cepat di mana sangat sedikit dari kita meluangkan waktu untuk membaca, dan 140 karakter twitter masih mendominasi aliran sosial, kita ingin tahu apa yang Anda miliki untuk diceritakan, dan kita ingin itu sekarang.

Tidak ada alasan untuk membuat citra yang buruk, bahkan pada usaha kecil sekalipunDan Anda memiliki kewajiban untuk men-‘treat’tulisan Anda dengan dukungan gambar yang baikAnda telah menghabiskan cukup waktu menuangkan energi dan pikiran untuk menciptakan suatu dokumen panjang, sekarang saatnya untuk menempatkan ‘icing on top of the cake’ dan membuatnya bekerja keras untuk Anda ketika Anda telah bekerja di atasnya.

It Doesn’t Cost the Earth
Banyak bisnis berada di bawah ilusi bahwa gambar adalah tambahan anggaran yang cukup mahal untuk pemasaran. Tapi mereka jelas tidak melihat cukup jauh, atau menyadari perbedaan reaksi yang besar dari gambar yang mereka tampilkan.
Sayangnya, sumber daya seperti Gratisography dan Flickr’s creative commons, adalah tempat yang tidak terlalu sering dimanfaatkan oleh perusahaan. 
Padahal selama mereka menggunakan gambar yang tidak terkait perjanjian lisensi atau hak cipta,maka gambar tersebut bebas digunakan untuk tujuan pemasaran.

Get Creative
Tidak banyak perusahaan memiliki tim kreatif yang available untuk membuat promo visual yang hebat, padahal itu bernilai investasi dalam jangka panjang. Ada alasan bahwa situs sosial seperti Instagram dan Snapchat mengalami peningkatan, dan fakta sederhana dibalik itu adalah bahwa orang menyukai gambar, dan gambar dapat menjual produk Anda lebih baik daripada kata-kata.

Think Before You Post
Jika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk memikirkan hal kreatif sendirian dan Anda lebih suka membayar untuk gambar, pastikan Anda memilih tim visual Anda dengan bijaksana.
Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan ini; jika Anda ada di posisi audiens yang meilhat promosi visual Andainformasi apa yang akan Anda dapat saat melihat konten tersebut?

Dan sebagai catatan: “Be vigilant to how you’re visually spamming your own content, because once you hit the mark, you’ll see improvements in the interest gained in your article.”

5 Cara Digital yang Mempengaruhi Dunia Politik

Besarnya perubahan teknologi yang terjadi selama 10 tahun terakhir sangat menakjubkan; bahkan diprediksi 10 tahun berikutnya pasti akan lebih hebat lagi dari sebelumnyaNew social media dapat mengubah cara suatu organisasi dalam menarik massa. Palang Merah Amerika mencatat rekor lebih dari $ 8.000.000 untuk upaya bantuan Haiti melalui Twitter. Menurut Nielsen Co, twitter telah menjadi sumber berita utama dari p-embvicaraan tentang isu-isu besar, diikuti oleh video online dan blog. Saat ini media digital menjadi lahan subur yang potensial dengan persebaran sekitar 136 juta-an teks messanger yang muncul untuk organisasi nirlaba, usaha kecil, dan kampanye politik. Kita dapat menemukan ratusan saluran TV kabel dan stasiun radio satelit, jutaan blogger, dan tentu saja miliaran halaman web.

1. News You Can Choose

Dan Pfeiffer, direktur komunikasi Gedung Putih, baru-baru ini mengatakan kepada majalah New Yorker, “Dengan Internet, YouTube, TiVo dan TV kabel, pemirsa sekarang dapat lebih selektif. Orang dapat mengkonsumsi berita semudah mereka memainkan iPod: Anda men-download lagu yang Anda sukai dan mendengarkan mereka kapanpun Anda inginkan “Itu mempengaruhi cara kerja wartawan serta persebaran berita.

2. Share It

Sharing muncul sebagai cara mendistribusikan berita – tweet dari jalanan Iran dan dari puing-puing Haiti telah diretweet ratusan kali dalam bentuk mulut ke mulut’ virtual yang baru. Halaman Facebook Gedung Putih memiliki hampir setengah juta fans; Twitter feed-nya memiliki 1,7 juta followers. Itu tidak mengherankan: Presiden Obama merupakan orang pertama yang mengumumkan kerja di Gedung Putih akan dipublikasikan melalui video Web dan pesan teks. Mungkin di Indonesia sama halnya dengan transparansi anggaran lewat e-budgeting yang sedang dicanangkan Pemprov DKI.

3. Like It

Dengan mengklik icon “thumbs up” atau “thumbs down“, konstituen dapat memberikan pendapata instan pada politisi dan diposting pada halaman web mereka, semacam jajak pendapat sederhana yang lebih cepat, lebih murah tapi mungkin kurang akurat.

4. Connect With Others

Selama puncak demonstrasi di Iran, beberapa tweet organizer men-tweet lokasi yang aman dari pergerakan massa. Demikian pula dengandetail untuk pesta teh, pertemuan di balai kota, dan bahkan gejolak politik di bagian negara yang lain bisa diposting di halaman Facebook dan ditweet oleh partai politik kepada para pendukungnya. Tentu ini lebih efektif daripada lewat selebaran di halte kereta bawah tanah. Di Indonesia, beberapa partai dan simpatisan politik juga mulai menggerakkan massa lewat social media. Contohnya pada pilpres lalu. Bagaimana simpatisan salah satu pasangan capres-cawapres menggelar aksi konser simpatik hanya dengan pengumuman via twitter.

5. Donasi Sekarang

John McCain merupakan orang pertama yang memanfaatkan Internet untuk penggalangan dana setelah kemenangan primer 2000 New Hampshire nya; pada tahun 2007, Ron Paul mengumpulkan US$ 4.000.000 secara online dalam satu hari, meskipun berita ini sempat diabaikan oleh media. Barack Obama mendapatkan sumbangan ratusan juta donasi secara online selama menjadi presiden, dan hanya dalam dua minggu terakhir senator di Massachusetts, Scott Brown memperoleh $ 12 juta dari 157.000 donor. Sebagian politisi lebih suka memiliki ribuan donatur individu daripada sumbangan besar beberapa perusahaan, dan Internet membuatnya jauh lebih mudah.

Bagaimana dengan Indonesia? Donasi macam ini memang jarang terlihat untuk politisi secara langsung, namun itu bisa dirasakan saat terjadi kasus atau gejolak politik dengan negara lain. Tentu kita masih ingat dengan pembebasan beberapa TI yang terancam hukuman di luar negeri. Lewat jalur diplomasi politik dan publikasi pengumpulan sumbangan secara online, masyarakat berbondong-bondong berpartisipasi. Demikian juga saat ketegangan politik Indonesia – Australia beberapa waktu lalu yang memunculkan kampanya #CoinForAustralia & #CoinForAbbot di internet.
en_USEN
id_IDID en_USEN